Penyakit Biduran Pada Anak

Penyakit Biduran Pada Anak – Penyakit biduran adalah penyakit yang biasanya menyerang bagian kulit. Biasanya penyakit ini disebabkan karena keracunan yang terjadi karena makanan, perubahan cuaca, dan juga disebut dengan penyakit alergi. Makanan juga bisa menjadi penyebab dari biduran, makanan yang biasanya menyebabkan biduran terjadi dalah udang, kepiting, dan juga cumi-cumi. Cara mengatasi penyakit biduran pada anak dilakukan dengan mencari penyebab terjadinya biduran dengan mengecek terlebih dahulu apakah anak mengalami alergi akibat makanan. Kemudian jika terdapat makanan yang dicurigai menjadi penyebab dari biduran ini adalah hentikan konsumsi makanan tersebut. Kemudian taburi biduran dengan bedak yang bisa mengobati biduran. Jika biduran tidak hilang juga, maka berikanlah antihistamin dan perhatikan dosisnya.

Penyakit Biduran Pada Anak

Penyakit Biduran Pada Anak

Penyakit Biduran Pada Anak

Cara mengobati penyakit biduran pada anak dengan cara alami dilakukan dengan mengonsums ramuan yang alami. Ramuan alami adalah 15 lembar daun pamujung, ten klembak sesendok, dan ½ sendok teh daun meniran. Kemudian resbulah semua bahan ini dengan 1 ¼ gelas air. Kemudian biarkan ramuan ini hingga mendidih dan sisakan hingga ¼ gelas air. Diamkan ramuan ini hingga dingin. Dan minumlah air rebusan ini. Ramuan ini berfungsi untuk mengatasi masalah biduran dan juga keracunan yang bisa dinetralisir.

Cara mengobati penyakit biduran pada anak yang lainnya adalah ambillah batu bata merah, dan kemudian ditumbuk hingga halus, kemudian disangrai. Setelahh itu, bungkuslah dengan kain dan juga gosokkan pada bagian wajah atau juga tubuh yang mengalami biduran saat bubuk batu bata ini masih hangat-hangat kuku.

Untuk mengobati masalah biduran pada anak juga bisa dilakukan dengan bumbu merica. Bumbu merica ini dilakukan dengan mengolesi pada bagian tubuh. Pertama tumbuklah hingga halus dan kemudian dicampur dengan minyak tanah. Atau ramuan ini bisa juga dilakukan dengan meminum ramuan seduhan dari buah pinang yang sudah disangrai terlebih dahulu.

Proses Penyakit Biduran

Penyakit biduran biasanya terjadi disaat seseorang terkena pemicu dari biduran, dan setelah itu yang terjadi pada beberapa sel yang ada di dalam tubuh kemudian melepas histamin atau juga zat-zat lainnya. Hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya kebocoran di dalam cairan pada pembuluh darah kecil yang letaknya dibawah kulit. Kemudian cairan ini akan membentuk suatu bentolan yang berkumpul pada bawah kulit yang disebut dengan istilah biduran.

Penyebab dari biduran hingga saat ini adalah atopi. Atopi merupakan salah satu kondisi atau juga kelainan yang terjadi pada oenyakit alergi yang sifatnya bisa diturunkan dari faktor genetik misalnya salah satu anggota keluarga dengan riwayat kesehatan menderita penyakit biduran, radang kulit yang terjadi secara berylang, munculnya pada tempat tertentu dengan adnaya suatu tanda atau gejala yang khas yang sesuai dengan usia, penyakit asma, sering mengalami pilek, bersin sampai mengalami masalah hidung tersumbat. Hal ini biasanya juga bisa terjadi dalam bentuk tanda yang lain misalnya adalah seperti bentuk lingkaran mata hitam, kulit yang kering dan wajah yang terlihat agak pucat.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa, sekitar 80 persen tidak diketahui penyebab dari biduran muncul. Ketidakjelasan dan ketidakpastian ini penyebab dari timbulnya uritkaria yang diakibatkan oleh faktor yang sangat berpengaruh paling banyak dan hingga saat ini masih susah untuk dipastikan lebih jelas.

Namun faktor pemicu dari terjadinya biduran adalah karena beberapa hal dibawah ini :

  1. Obat antibiotik misalnya seperti penggunaan penicilin, sulfa, dan tetrasiklin, obat untuk menghilangkan rasa sakit, obat jenis aspirin, obat hormonal dan juga penggunaan pil kontrasepsi.
  2. Makanan : makanan yang bisa memicu terjadinya biduran adalah seperti udang, ikan, putih telur, kerang, cokelat, kacang, susu, tomat, keju, bawang dan jenis makanan lainnya yang mengandung bahan pengawet serta bahan penyedap rasa.
  3. Bahan : bahan yang sering kontak dengan tubuh kita seperti bahan kimia sabun cair, hand and body
  4. Gigitan akibat serangga seperti nyamuk, lebah dan yang lainnya.
  5. Inhalan dari jenis serbuk sari bunga, spora jamur, debu, bulu binatang dan juga penggunaan aerosol.
  6. Kontak langsung dengan kutu binatang, sebruk tekstil, air liur dari binatang serta yang lainnya.

Penanganan Penyakit Biduran

Penanganan penyakit biduran pada anak adalah dengan menghindari penyebab atau juga faktor pemicu dari biduran muncul agar bisa membantu mengurangi resiko terjadinya penyakit biduran. Cara yang baik dalam membantu menemukan faktor pemicu dari biduran adalah dengan mencatat obat, makanan serta bahan yang jika sedang diminum atau juga sedang digunakan menimbulkan efek samping terjadinya biduran. Sebaiknya, saat biduran datang, jangan digaruk. Karena jika digaruk, hal ini akan membuat bahan aktif dari histamin lama kelamaan akan semkain banyak keluar dan bagian yang digaruk juga akan terasa lebih gatal.

Biasanya dokter akan memberikan jenis obat anti histamin. Obat ini sangta bermanfaat dalam membantu mengendalikan gejala serta tanda untuk sebagian kasus penyakit biduran namun tidak bisa menghilangkan penyebab yang terjadi. Biasanya obat biduran yang dipakai adalah jenis kortikosteroid yang bisa diberikan jika pengobatan dengan menggunakan anti histamin saja tidak cukup. Obat ini akan bekerja menghilangkan bengkak, kemerahan dan juga gatal-gatal. Namun hanya dengan diminum saja dalam waktu sebentar karena efek samping yang dihasilkan lumayan besar.

Penyakit Biduran Pada Anak


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Biduran dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Biduran and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *