Biduran (Urtikaria)

Biduran (Urtikaria) – Setiap orang pasti pernah mengalami masalah kulitnya, baik yang ringan atau pun yang parah. salah satu gangguan kulit yang sering terjadi ialah biduran atau bentol pada kulit dan menimbulkan rasa gatal. bentol atau biduran ini pun memiliki nama medis yaitu Urtikaria yang bisa muncul pada kulit siapa pun. karena biduran bisa terjadi oleh banyak faktor, sehingga biduran adalah hal yang tidak jarang terjadi oleh banyak orang, baik pada anak anak, remaja, dan orang dewasa. adanya biduran memang bukan suatu hal yang sangat serius, tetapi juga sangat mengganggu.

Sebab rasa gatal yang akan selalu dirasakan akan mengganggu berbagai macam aktivitas yang sedang dilakukan. kondisi yang menyebabkan biduran (Urtikaria) bisa dari alergi,atau pun gigitan serangga untuk itu perlu hati hati menjaga kesehatan kulit agar tidak ada biduran. Biduran yang ringan hanya akan sedikit jumlahnya dan akan hilang dengan cepat, tetapi juga ada yang memiliki biduran banyak dan lama hilangnya.

Penyebab Biduran (Urtikaria)

Terjadinya biduran (Urtikaria) pada kulit sebab histamin dan juga unsur kimia di dalam tubuh meningkat, sehingga reaksi kulit akan memiliki biduran secara perlahan lahan, yang awalnya hanya sedikit lalu lama kelamaan bisa menyebar dan dengan jumlah banyak. ada banyak hal yang dapat memicu biduran (Urtikaria), seperti yang ada dibawah ini :

  • Biduran (Urtikaria) bisa terjadi karena disebabkan oleh banyak faktor, yang salah satunya dikarenakan oleh alergi. alergi bisa terjadi karena disebabkan oleh alergan atau pemicu alergi. respon tubuh yang berlebihan terhadap suatu hal yang bisa menyebabkan biduran. Alergi bisa karena makanan, karena alergi dingin dan masih banyak jenis alergi lainnya yang menyebabkan biduran.
  • Mengalami stres, ada pula pemicu terjadinya biduran (Urtikaria) karena sedang stress. Untuk beberapa orang yang mengalami biduran hanya pada saat kondisi kesehatan psikologisnya sedang kurang baik. maka dari itu kondisi ini yang menyebabkan terjadinya biduran.
  • Gigitan serangga, hal yang remeh atau ringan pun juga bisa menyebabkan biduran seperti halnya gigitan serangga. Akibat dari gigitan serangga seperti nyamuk, atau bahkan gigitan semut pun bisa menyebabkan biduran (Urtikaria).
  • Infeksi, baik yang ringan seperti pilek hingga yang serius seperti HIV.
  • Efek samping dari obat-obatan meskipun tidak semua jenis obat bisa memicu terjadinya biduran (Urtikaria) tetapi ada beberapa jenis obat seperti antibiotik, OAINS atau obat anti inflamasi non-steroid, dan aspirin yang dapat menyebabkan biduran. Biasaya hal ini lebih sering terjadi pada orang orang yang memiliki jenis alergi obat.
  • Perubahan suhu, seperti yang sudah dikatakan sebeluknya bahwa biduran (Urtikaria) bisa karena alergi dingin atau bisa juga karena cuaca yang sedang kurang baik. sebenarnya bukan hanya dingin tetapi panas pun juga bisa tergantung kondisi tubuh setiap orang, sebab tidak semua sama.
  • Pajanan sinar matahari.
  • Kualitas air yang digunakan tidak cocok, dikarenakan air yang digunakan untuk mandi kurang bersih pun juga bisa meningkatkan risiko terjadinya biduran.

Gejala Biduran (Urtikaria)

Untuk kondisi yang ringan saja biasanya biduran tidak memiliki gejala apa pun tetapi apabila disebabkan oleh alergi atau suatu hal yang di anggap tubuh tidak bagus bisa menyebabkan masalah kesehatan kulit. dan beberapa respon tubuh yang bisa terjadi karena disebabkan oleh biduran (Urtikaria) seperti berikut :

  • Bengkak pada kelopak mata, bibir, tangan, kaki.
  • Sesak napas.
  • Sakit atau mual pada bagian perut.
  • Muntah-muntah.

Ukuran biduran (Urtikaria) yang bisa di miliki oleh setiap orang bisa kecil dan besar, tergantung penyebabnya. ada yang memiliki biduran besar yang sangat jelas terlihat sehingga akan membuat kulit terlihat seperti membengkak. Ada pula yang memiliki biduran yang kecil dan mudah untuk hilang. Untuk itu setiap orang yang mengalami biduran yang disebabkan oleh hal yang berbeda pun memiliki gejala yang berbeda.

Mengatasi Biduran (Urtikaria)

Apabila biduran terjadi maka ada baiknya jika diatasi agar gatal gatal yang dialai tidak semakin mengganggu. Ada upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi biduran seperti berikut :

  • Hindari menggaruk bagian yang muncul bilur atau ruam.
  • Jangan memakai sabun yang mengandung bahan kimia yang keras.
  • Usahakan area kulit yang terkena biduran tetap dingin, tidak tertutup pakaian ketat, dan diolesi losion penyejuk.
  • Gunakan pakaian yang longgar dan ringan.
  • Hindari faktor pemicu seperti zat aditif di dalam makanan, minuman beralkohol, obat pereda rasa sakit, kondisi panas atau dingin dan stres.

Selain itu bisa mengatasi biduran juga dengan menggunakan minyak gosok yang hangat. Minyak gosok yang hangat di oleskan pada setiap biduran yang ada di permukaan kulit yang akan menghilangkan rasa gatal dan juga bisa menghilangkan biduran (Urtikaria) perlahan lahan. Jadi bisa mengatasi biduran secara alami tanpa efek buruk pada kulit. (By:RM)

Biduran (Urtikaria)

Cara Pemesanan

Propolis Melia Nature

Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Biduran

1 Botol Propolis Melia Nature Harga Rp. 115.000 dengan Isi 6 ml/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8896-9797, tuliskan: Pesan Propolis Melia Nature, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( Untuk Menentukan Ongkos Kirim )


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Biduran dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Biduran and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.